Thursday, 25 April 2013

Sarapan Buah

Berdasarkan ritme Sirkadian, energi yang sangat besar dibutuhkan tubuh untuk membuang 'sisa proses' makanan di pagi hari. Oleh karena itu menurut Erikar Lebang, energi tersebut harus dikonsentrasikan agar kerja tubuh tidak terganggu. Agar proses 'pengeluaran' tersebut tidak terganggu, sebaiknya pilih makanan yang tidak memberatkan pencernaan contohnya buah. Buah memiliki sifat ringan, mudah dicerna dan lengkap unsurnya.

Selain itu sarapan buah disarankan dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. kenapa harus perut kosong? Mengonsumsi buah setelah makan makanan berat akan mengganggu kesehatan. Karena Buah yang dikonsumsi setekah makan akan mengubah buah menjadi racun tak berguna untuk tubuh. Lagipula akan merusak apa yang telah dimakan.

Saat sarapan buah atau mengonsumsinya dilain waktu, makanlah dengan perlahan atau kunyahlah setidaknya 20-30x agar tersentuh air liur sehingga tercerna sempurna. Konsumsi buah selain dengan dipotong juga bisa dilumatkan dengan juicer atau blender. Tapi apapun cara yang dipilih, ingat utk segera mengkonsumsi jus buah saat telah dibuat! Untuk minimalkan perusakan oksigen. Kemudian makan buah atau minum jus buah tersebut dengan perlahan agar fructose (gula buah) tidak membuat lonjakan gula dalam tubuh secara mendadak dan menyebabkan pusing.

Sifat buah yang cepat membuat kenyang juga mudah lapar. Oleh karena itu disarankan juga melakukan sarapan buah ini secara repetitif atau berulang. Lakukan mulai di pagi hari hingga jelang makan siang agar tidak terganggu rasa lapar.usahakan juga buah yang dimakan bervariasi sehingga tidak bosan.

Buah yang hendak dikonsumsi juga sebaiknya juga hasil matang di pohon karena buah jenis tersebut kandungan gula buahnya sederhana,  enzim cernanya juga sudah lengkap sehingga tidak harus dicerna oleh lambung.

Sedangkan buah seperti durian, nangka, cempedak, kelapa--tidak ideal untuk sarapan. Alpukat? Dalam Food Combining, alpukat tidak tergolong buah karena dilihat dari kandungan fruktosa, tidak standar kadar fruktosa buah, jadi alpukat lebih dianggap sayur, begitu juga dengan lemon.

Namun jika kurang manis, bisa gunakan alternatif pemanis, seperti 1-2 sendok teh madu alami. Bisa jg campuran segenggam manisan kurma atau kismis yg diblender halus.

Simple bgt sebenernya yah.. Sejauh saya belajar food combining ini, pola sarapan harian saya sudah benar. tinggal istiqomahnya saja untuk menjalankan ini. karena ternyata sejauh ini tidak sulit. hehee..
Yuk mari kita getok orang-orang di sekeliling kita yang masih menjadikan teh atau kopi sebagai menu sarapannya. Hahahaa..

Sunday, 21 April 2013

Air Hangat dan perasan lemon

Ingin mencoba Food combining? Mulailah dengan Air hangat dan perasan lemon :)
 
 
Lemon? iya kamu gak salah baca kok.. memang lemon :))  Saya sudah terbiasa minum air putih saat bangun tidur. Tapi menurut pakar Food Combining Erikar, disarankan minum air putih hangat dan lebih bagus diberi perasan jeruk lemon.
 
Kenapa? Karena Air hangat mengaktifkan beragam enzim dalam tubuh sekaligus bantu bersihkan lendir sisa metabolisme  di sepanjang sistem cerna. Sedangkan perasan lemon selain memberikan sifat basa pada air yang masuk tersebut, juga memperkuat daya bersih lendir pada air.

Perasan lemon juga sekaligus memberikan tonik bagi liver. Organ yang bekerja ekstrak keras saat kita tidur. Nah saat pagi hari 'tonik' ini menjadi hadiah bagi liver kita. :) Bagaimanapun, organ ini yang menjamin tubuh kita tetap sehat. Jika Liver kita sehat maka penyakitpun sulit mampir, penyakit yang adapun mudah digerus oleh pertahanan tubuh kita.

Air hangat berlemon tidak berbahaya bagi lambung. Nahh ini penting! hehee.. kok bisa?? Karena asam lambung tidak terstimulasi oleh sifat basa bawaan lemon. 

Mau coba?? Mulai besok pagi saya coba ahh.. hehee..


Saturday, 20 April 2013

Apakah food combining itu?



Seorang teman menyarankan Food combining kepada saya saat saya mengeluhkan berat badan dan maag yang mulai terasa. Dia bilang sepertinya food combining akan banyak membantu saya karena dirinya sendiri telah mencoba menerapkan seminggu terakhir ini dan berhasil. saya sendiri baru dengar istilah ini. Jadi, apa itu food combining? mari kita belajar bersama-sama hehee..

Diperkenalkan oleh Dr. William Howard Hay, seorang dokter dan ilmuwan asal Amerika Serikat, food combining awalnya merupakan sebuah konsep diet.

Namun, penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa diet ala Dr. Hay ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang secara umum. Bahkan dengan menerapkan konsep food combining yang tepat, seseorang bisa terbebas dari penyakit berat seperti tekanan darah tinggi, ginjal kronis, dan pembengkakan jantung.

Food combining memang terbilang baru di Indonesia dan salah satu pakarnya yang diberitahu teman saya adalah Erikar Lebang. Menurut beliau Beberapa prinsip yang sebaiknya diterapkan dalam menu food combining diantaranya memilih makanan sehari-hari yang disesuaikan dengan siklus pencernaan kita. Dengan demikian pilihan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan kita di waktu-waktu tertentu.
Tubuh memiliki siklus biologis dalam melakukan metabolisme yang biasa disebut ritme sirkadian. Seperti apa ritme yang dibuat berdasarkan waktu 24 jam itu? berikut penjelasannya :
> Jam 12.00 hingga 20.00, adalah waktunya tubuh mencerna dan menyerap makanan sesuai dengan kebutuhannya.
> Jam 20.00 hingga 04.00, adalah waktunya tubuh memproses makanan yang telah Anda makan pada siang hingga pukul delapan malam dan menggunakannya sesuai dengan keperluan.
> Jam 04.00 hingga 12.00, adalah waktunya 'sisa proses' makanan itu dibuang dari tubuh dalam bentuk kotoran, urine, keringat atau napas.

Hmm.. ternyata seperti itu pola metabolisme tubuh kita. Bisa dibilang bagusnya kita mulai memakan makanan itu diatas jam 12.00 siang dan terakhir makan adalah jam 20.00. Lebih dari waktu tersebut makanan tidak akan terserap tubuh atau dengan kata lain akan sia-sia terbuang dan menjadi sampah.  Sedikit banyaknya saya mulai paham dan ingin mencoba cara ini. Kalau badan saya sehat, tentunya sistem cerna saya juga. setelah itu menambah berat badan bukanlah mimpi lagi hehee..

Happy weekend!! :))

Friday, 12 April 2013

Menambah berat badan


Jangan bosan ya membaca curhatan saya tentang berat badan hehe..
Hari ini Berat badan saya bertambah 2kg. entahlah bertahan sampai berapa hari :D karena biasanya minggu depan sudah turun lagi ke berat badan sebelumnya.pola makan saya? masih sama seperti pola makan sebelumnya

Karena mulai agak frustasi saya mulai googling cara menambah berat badan yang sehat. Tapi kok hampir semuanya sudah pernah saya terapkan dan tidak berhasil. saya malah menemukan tabel Indeks massa tubuh diatas. membuat saya makin frustasi hahaa..

Hmm.. kalau dilihat dari tabel diatas, saya perlu menambah 10-15 kg lagi untuk berat badan ideal saya x_x 
kapan kira-kira impian saya itu tercapai. hahahaa.. Teruslah bermimpi kata ibu saya. "Teruslah bermimpi kalau kamu akan mencapai berat badan ideal kamu. pasti suatu hari tercapai." beliau bilang seperti itu. hehe..

Dibalik ini, saya selalu bersyukur atas apa yang selalu diberikan oleh Tuhan. salah satunya selalu dikelilingi orang-orang yang mendukung, melindungi serta mencintai saya apa adanya.

What a great Friday :))

Saturday, 6 April 2013

Banyak Makan tapi tetap kurus




Banyak makan tapi tetap kurus

Sering dengar ada orang yang makannya banyak tapi tetap kurus? Ada yang percaya ada juga yang tidak. Mungkin ada juga yang berpendapat karena dia rajin berolahraga jadi tetap kurus. Atau bisa jadi memang keturunan jadi makan sebanyak apapun pasti tetap kurus. Hehe.. Opini setiap orang memang berbeda ya.. kalaupun dibahas terus gak akan ada habisnya. 

Saya termasuk salah satu yang makan banyak tapi tetap kurus. Berat badan saya dibawah rata-rata orang-orang seumur saya. Saya jarang makan? tidak juga. Karena teman-teman saya berpendapat makanan olahan apapun itu, baik sayuran atau buah dalam porsi besar maupun kecil pasti selalu habis saya makan. hehee

Doyan atau Lapar? hahaha.. Entahlah nafsu makan ini berasalnya dari mana, Karena untuk saya hanya ada 2 kategori makanan. Enak dan sangat enak. :))  Yes! menurut saya tidak ada makanan yang tidak enak. Kecuali apapun itu yang berasal dari Duren dan Buah Sawo.

Saya penyuka buah-buahan, sayuran hijau, ikan, seafood tertentu, daging sapi dan ayam. Tapi saya tidak suka susu hewani dan tidak suka sayuran mentah. Saya tidak pernah berolahraga dalam arti yang sesungguhnya. Saya hanya sering jalan kaki seminggu sekali sejauh 1km. Tiap bangun tidur saya hanya minum air putih 2 gelas dilanjutkan 30mnt selanjutnya dengan memakan buah-buahan.

Saya jarang sarapan, hanya memakan nasi setelah jam 1 siang dan sore hari sekitar jam 5 atau jam 6. Dilanjut lagi dengan buah-buahan kalau malamnya saya lapar. Yah, kalau lagi bandel saya terkadang mengkonsumsi mie instan juga. Abisnya enak sih.. hehe

Banyak teman saya iri karena saya makan banyak tapi tetap kurus. karena banyak diantara mereka sulit untuk menurunkan berat badan. Hanya saja.. perasaan iri mereka bukan membuat saya bangga, malah sebaliknya, membuat saya semakin minder karena kekurusan ini. Suplement pencernaan, penambah berat badan, sampai obat cacingpun saya coba. Tetap gagal! Bahkan ada teman saya yang bilang setelah menikah baru bisa gemuk :D garansi gak? wkwk

Saya tidak tahu apa yang salah. Apakah memang ada yang salah? salah pola makan atau salah makanan olahan saya yang kurang bervariasi.. entahlah...

Bagaimana dengan kamu? :D


*Note : Ini tulisan pertama saya di tahun 2017. Telat banget yah? tapi lebih baik daripada tidak. kedepannya insya Allah saya akan rajin menulis lagi. Please doakan saya ya.. See you guys soon :*
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...