Saturday, 20 April 2013

Apakah food combining itu?



Seorang teman menyarankan Food combining kepada saya saat saya mengeluhkan berat badan dan maag yang mulai terasa. Dia bilang sepertinya food combining akan banyak membantu saya karena dirinya sendiri telah mencoba menerapkan seminggu terakhir ini dan berhasil. saya sendiri baru dengar istilah ini. Jadi, apa itu food combining? mari kita belajar bersama-sama hehee..

Diperkenalkan oleh Dr. William Howard Hay, seorang dokter dan ilmuwan asal Amerika Serikat, food combining awalnya merupakan sebuah konsep diet.

Namun, penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa diet ala Dr. Hay ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang secara umum. Bahkan dengan menerapkan konsep food combining yang tepat, seseorang bisa terbebas dari penyakit berat seperti tekanan darah tinggi, ginjal kronis, dan pembengkakan jantung.

Food combining memang terbilang baru di Indonesia dan salah satu pakarnya yang diberitahu teman saya adalah Erikar Lebang. Menurut beliau Beberapa prinsip yang sebaiknya diterapkan dalam menu food combining diantaranya memilih makanan sehari-hari yang disesuaikan dengan siklus pencernaan kita. Dengan demikian pilihan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan kita di waktu-waktu tertentu.
Tubuh memiliki siklus biologis dalam melakukan metabolisme yang biasa disebut ritme sirkadian. Seperti apa ritme yang dibuat berdasarkan waktu 24 jam itu? berikut penjelasannya :
> Jam 12.00 hingga 20.00, adalah waktunya tubuh mencerna dan menyerap makanan sesuai dengan kebutuhannya.
> Jam 20.00 hingga 04.00, adalah waktunya tubuh memproses makanan yang telah Anda makan pada siang hingga pukul delapan malam dan menggunakannya sesuai dengan keperluan.
> Jam 04.00 hingga 12.00, adalah waktunya 'sisa proses' makanan itu dibuang dari tubuh dalam bentuk kotoran, urine, keringat atau napas.

Hmm.. ternyata seperti itu pola metabolisme tubuh kita. Bisa dibilang bagusnya kita mulai memakan makanan itu diatas jam 12.00 siang dan terakhir makan adalah jam 20.00. Lebih dari waktu tersebut makanan tidak akan terserap tubuh atau dengan kata lain akan sia-sia terbuang dan menjadi sampah.  Sedikit banyaknya saya mulai paham dan ingin mencoba cara ini. Kalau badan saya sehat, tentunya sistem cerna saya juga. setelah itu menambah berat badan bukanlah mimpi lagi hehee..

Happy weekend!! :))

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...